Jumat, 03 Maret 2017

Tips Menghadapi Psikotest

Hai hai....setelah sekian lama vakum. Kali ini saya akan berbagi tips untuk menghadapi psikotest. Tentu saja ini versi saya sendiri. So jika beda pendapat bisa jangan menghujat oke!!!

Langsung saja Tips yang pertama carilah informasi tentang jenis2 psikotest yang mungkin digunakan di tempat anda melamarkerja/mendapat panggilan test. Kedua pelajari jenis2 psikotest yang sudah anda ketahui akan muncul pada saat test tersebut( kali ini pahami polanya jangan soal dan jawabannya). Ketiga mintalah bantuan orang2 terdekat maupun teman2 di sosial media(grup loker) jika mengalami kesulitan.

Nah selain tips diatas, saya juga akan berbagi tips mengerjakan beberapa model psikotest yang telah saya lalui sebagai berikut:

1. Kreaplin

Test kraepelin adalah salah satu bentuk soal psikotes yang terdiri dari susunan angka-angka dengan bentuk lajur-lajur. Cara mengerjakan soal psikotes koran ini dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan dengan waktu tertentu pada setiap kolom, lalu menuliskan jawabannya tepat di sebelahnya.  Tujuan psikotes koran pauli ini adalah untuk menilai sikap seseorang terhadap ketahanan, tekanan, ketelitian, konsistensi dan kecepatan waktu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.
Model psikotes yang satu ini bisa jadi momok bagi teman2 pencaker,tapi sebaliknya juga bisa jadi membosankan jika kita sudah tau tipsnya. Nah berikut tips dari saya :
A. Berdoalah sebelum memulai test.
B. Tarik nafas dan tenangkan diri (buatlah senyaman dan serileks mugkin)
C. Dengarkan setiap instruksi dan ikuti
D. Kontrolah hasil hitungan di setiap lajurnya ( Buatlah hasilnya membentuk grafik yang stabil / naik jika bisa)
E. Jika salah dalam menambahkan, jangan panik dan cepat koreksi (biasanya cukup coret sekali dan tuliskan hasil yg benar disebelahnya)
F. Jika Blank di tengah2 penjumlahan, buang waktu max 3 detik untuk ambil nafas dan coba kerjakan lebih cepat lagi.
  

Contoh Grafik Kreaplin (minimal :-D)

2. Test Warteg 

Tes wartegg atau sering disebut dengan tes melengkapi gambar merupakan salah satu Tes Psikotes/psikometri yang sering diujikan dalam seleksi karyawan atau tenaga kerja baru dalam perusahaan. Tujuan dari tess wartegg adalah untuk meneliti seseorang dari segi emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function setiap individu.

tes-wartegg
Nah!!! Klo sudah tahu pengertian dan tujuannya tips dari saya yang terpenting adalah orisinil atau keaslian dari khayalan kita dalam melengkapi gambar2 tersebut. Karena dengan begitu akan terlihatlah karakter asli dari kita. Tips lainnya adalah kerjakan secara acak dan di mulai dengan yang termudah mengingat waktu yg diberikan biasanya hanya 10-20 menit. Kemudian gambarlah sesuatu yang jelas menggambarkan sebuah benda/makhluk hidup tanpa kita tambahkan deskripsinya. Jangan lupa untuk mengikuti instruksi dari pengawas sebelum dan setelah selesai menggambar.

Sekian tips dari saya,salam nogoblog( jadilah pribadi yang cerdas). :-D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar